Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Buka Salon, Alumni SMK Raup Ratusan Juta via Digital Marketing

05 Mei 2022 00:15:00Kategori : Berita  
Buka Salon, Alumni SMK Raup Ratusan Juta via Digital Marketing
Buka Salon, Alumni SMK Raup Ratusan Juta via Digital Marketing

Ponorogo, Ditjen Diksi - Hadirnya industri 4.0 telah membuat banyak pelaku usaha memasarkan produk maupun jasanya melalui pendekatan digital marketing. Melalui media sosial misalnya, pelaku bisnis bisa melakukan branding atas produk-produk yang ditawarkan. Caranya pun menarik, yakni dapat melalui bentuk pemasaran berupa foto atau video.

 

Hal itu disadari betul oleh tiga alumni SMKN 2 Ponorogo, Kota Ponorogo, Jawa Timur, yang melakukan pemasaran jasa salon kecantikan via branding dan pemasaran melalui media sosial. Hasilnya, mereka bisa meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

 

Berikut ketiga pengusaha jebolan SMK yang sukses meniti  karier di bidang salon kecantikan tersebut:

 

1.Veneshela Manora

Veneshela Make Up ialah salon kecantikan yang fokus pada rias pengantin. Salon ini dikembangkan oleh Veneshela Agna Manora, seorang lulusan SMK jurusan Tata Kecantikan SMKN 2 Ponorogo tahun 2016.

 

Selain terkenal dari mulut ke mulut, ia juga kerap memasarkan salonnya lewat Instagram @veneshela.manora yang sudah memiliki belasan ribu pengikut. Mengikuti tren berbagi informasi berbentuk video melalui TikTok dan Instagram Reels juga kerap ia lakukan agar tetap eksis di media sosial serta menarik konsumen.

 

2.Triah Mulyani

Sering kali bekerja sama dengan beberapa brand kecantikan besar di Indonesia, Triah Mulyani mendirikan Anny Salon. Triah juga aktif membagikan informasi tersebut melalui sosial medianya, @any.salon1. Upaya yang dilakukannya ini sangat efektif untuk meningkatkan kredibilitas salon kecantikan yang sudah ia kembangkan sejak 20 tahun silam.

 

3.Dwi Setianing

Bisa dibilang perias pengantin andal lulusan SMKN 2 Ponorogo tahun 1998 satu ini merupakan salah satu yang paling senior di Ponorogo, atau bahkan untuk wilayah Jawa Timur. Namanya di dunia rias pengantin pun tak perlu diragukan lagi.

 

Meskipun begitu, ia mengikuti perkembangan zaman dengan tetap eksis membagikan portfolionya kepada ribuan pengikutnya melalui Instagram @dwisetianing97. Salonnya yang diberi nama Setia 2 Rias Pengantin telah memiliki banyak koleksi baju-baju pengantin. Konsumennya pun bahkan sampai menjamah ke kota-kota lainnya. (Diksi/JR/Tan/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.