Cargill Pinang Mahasiswa dan Lulusan Polman Negeri Babel

Cargill Pinang Mahasiswa dan Lulusan Polman Negeri Babel

Sungailiat, Ditjen Diksi -  Sejumlah 63 alumni dan mahasiswa tingkat akhir Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polmanbabel) mengikuti open recruitment campus hiring  yang diselenggarakan perusahaan Cargill Indonesia di Aula Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung beberapa waktu lalu.

 

Melalui PT Pacrim Nusantara Lestari Foods yang berada di Bandar Lampung, salah satu Business Unit dari Cargill Indonesia ini melaksanakan rekrutmen sebagai automation and instrument technician, bulking and port technician, dan store technician dengan mencari kandidat dari alumni dan calon alumni Polmanbabel yang potensial.

 

Cargill merupakan perusahaan mendunia yang beroperasi di Indonesia sejak 1974, dan bergerak di bidang agrikultur berupa produk pakan ternak, perkebunan sawit, kakao, dan palm oil industri kelapa sawit terbesar. Strategi dalam melakukan penyerapan tenaga kerja, Cargill memberdayakan institusi pendidikan lokal di wilayah Sumatra dengan cara penyelenggaraan Campus Hiring, salah satunya di Polmanbabel.

 

“Saat ini sudah berjalan proyek pengembangan pabrik yang ditargetkan selesai awal tahun 2023, sehingga kini sedang dalam proses pemenuhan tenaga kerja,“ kata Fahru Izhar selaku employee experience specialist PT Pacrim Nusantara Lestari Foods.

 

Fahri menambahkan, Polmanbabel memiliki lulusan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan, yaitu lulusan yang mempunyai skill dan pengetahuan teknik karena operasional perusahaan dilakukan secara automachine. “Setelah kami maping, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung memiliki prodi elektronika dan rekayasa perangkat lunak yang cocok sehingga kami datang langsung untuk melakukan proses rekrutmen ini, ujarnya.

 

Proses rekrutmen sendiri telah dilakukan pada 15-16 Juni 2022 lalu yang dibagi menjadi 3 tahapan, dimulai dengan seleksi tertulis bagi yang lulus administrasi, dilanjutkan dengan interview tahap awal. Kemudian hari kedua dilaksanakan interview akhir yang dilakukan oleh user secara online.

 

Sementara itu Direktur Polmanbabel, I Made Andik Setiawan menyebutkan, adanya proses rekrutmen ini merupakan kesempatan emas bagi para alumni Polmanbabel, bahkan bagi calon alumni, karena pihak Cargill juga menerima para mahasiswa tingkat akhir untuk ikut serta dalam proses rekrutmen ini, meskipun belum lulus dari Polmanbabel.

 

“Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan serius dalam mengikuti proses seleksi ini. Hal ini menunjukkan bahwa pihak industri telah melirik lulusan Politeknik Manufaktur Negeri Babel melalui skill dan kemampuan lulusannya,” kata Made.

 

Made menambahkan, semua alumni juga sudah dibekali sertifikasi kompetensi, sehingga sudah siap bersaing didunia kerja. “Harapan kami para alumni setelah lulus tidak hanya mengandalkan ijazah, tapi telah didukung oleh sertifikat kompetensi,” lanjutnya.

 

Made juga menyebutkan, teknis proses seleksi akan sepenuhnya diserahkan kepada pihak Cargill, sedangkan pihak Polman Negeri Babel hanya memfasilitasi proses rekrutmen dapat berjalan lancar dan mendapatkan tenaga kerja yang diharapkan pihak perusahaan.

 

Made menjelaskan, campus hiring ini akan rutin dilaksanakan di Polman Negeri Babel bagi para alumni guna memenuhi daya serap lulusannya. Tercata, dalam Juni ini akan ada 2 kali campus hiring yang dilaksanakan di Polman Negeri Babel. “Kami harap alumni dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti rekrutmen yang difasilitasi oleh Polman Negeri Babel,“ ungkapnya.

Adanya kerja sama rekrutmen campus hiring ini menunjukkan nilai tambah dan kesempatan bagi lulusan Polman Negeri Babel. Sedangkan pihak Polman Negeri Babel juga harus terus berupaya dan menyediakan lulusannya untuk dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan, bahkan sebelum tamat di Polman Negeri Babel sudah dipinang untuk bekerja di perusahaan, seperti Cargill. (Diksi/Hms/Oln/AP/NA)