‘Dies Natalis Kesatu’ : Momentum Vokasi Wujudkan Kekuatan Ekonomi Nasional

Ditjen Diksi; Sebagai rangkaian akhir kegiatan ulang tahun pertamanya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi menyajikan puncak acara “Dies Natalis Kesatu Ditjen Pendidikan Vokasi” melalui tayangan video yang dapat disaksikan secara daring pada kanal Youtube Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (27/1).

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim turut memberikan ucapan selamat atas setahun berdirinya Ditjen Pendidikan Vokasi. Nadiem berharap, melalui momentum ini, Ditjen Pendidikan Vokasi dapat mewujudkan pendidikan vokasi sebagai sebuah kekuatan ekonomi nasional dengan menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, berkarakter kuat dan match, serta mampu menghasilkan produk-produk nyata. Selain itu, turut meningkatkan kompetensi peserta didik yang selaras dengan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

“Hal ini selaras dengan visi pendidikan Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong-royong, dan berkebhinekaan global. Saya berharap pada dies kesatu ini, pendidikan vokasi mampu menjawab tantangan SDM di tahun 2030 mendatang, mampu menjawab ketersediaan SDM unggul dan kompeten. Semoga vokasi semakin kuat, menguatkan Indonesia,” tutur Nadiem.

Tayangan video yang juga disaksikan secara daring oleh para Kepala BBPPMPV dan BPPMPV dan direktur politeknik negeri/akademi komunitas negeri seluruh Indonesia ini sendiri dikemas dengan sajian obrolan santai yang turut mengisahkan geliat vokasi Tanah Air. Misalnya saja pencapaian selama setahun Ditjen Pendidikan Vokasi serta strategi pendidikan vokasi ke depan dipaparkan secara langsung dengan gaya obrolan santai oleh Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto yang didampingi “asisten pribadi” selebriti Nycta Gina dengan Direktur Perguruan Tinggi Vokasi dan Profesi Beny Bandanadjaya, Direktur Kursus dan pelatihan Wartanto, dan Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Ahmad Saufi.

Selanjutnya acara diisi oleh pemotongan nasi tumpeng oleh Dirjen Wikan yang didampingi oleh Nycta Gina, pemenang lomba “Cover Lagu Condong Pada Mimpi-Vokasi Berjaya” Btari Chinta, Sekretaris Ditjen Pendidikan Vokasi Henri Tambunan dan Kepala Subbagian Tata Usaha Sekretariat Ditjen Lismanto.

Tak ketinggalan, pada momen tersebut juga ditampilkan obrolan santai Dirjen Wikan dengan beberapa narasumber, yakni dosen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Samsul Huda, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin, dan designer engineering Arfian Fuadi. Samsul pun turut berbagi mengisahkan kehidupannya mulai dari SMK 1 Blitar, lalu mendapatkan beasiswa kuliah D4 dan S2 terapan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), serta S3 Okayama University, Jepang.

Adapun Ahmad Muhibbuddin (Muhib) sebagai perwakilan pihak industri menjelaskan, sejak 2010 hingga kini AHM telah memiliki 687 SMK mitra binaan di seluruh Indonesia. “Awalnya dari CSR, lalu kami kembangkan output serius bagi SMK dan juga perusahaan. Dari awalnya membantu rekrutmen dan training, sekarang turut mengembangkan kurikulum khusus yang diinjeksi ke SMK binaan agar lulusannya siap bersaing memenuhi kebutuhan industri,” terangnya.

Sementara itu founder perusahaan desain produk D’tech Engineering, Arfian, merupakan sosok jebolan SMK Negeri 7 Semarang yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah global. Misalnya, pada 2013 Arfian berhasil menjadi pemenang dalam perlombaan “3D Printing Challenge” yang diselenggarakan General Electric (GE) dengan desain jet engine bracket, serta tahun 2017 menjuarai “Global Challenge” dengan membuat alat untuk menginspeksi bagian dalam mesin jet.

Semarak Lomba

Sebelum puncak acara, “Dies Natalis Kesatu Ditjen Pendidikan Vokasi” juga turut mengadakan kegiatan webinar serta ragam pertandingan olahraga, lomba seni, publikasi, tumpengan maya, hingga lomba “Cover Lagu Condong pada Mimpi-Vokasi Berjaya untuk anak usia 7 – 15 tahun”.

Dalam pertandingan persahabatan tenis tercatat jumlah peserta yang terdiri atas 16 pasang pemain yang berasal dari perwakilan BPK, Kementerian Ristek dan Teknologi, Kementerian Dalam Negeri, Divisi 1 Kostrad, Kompas Gramedia, Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen, Direktorat Jenderal GTK, Direktorat Jenderal Vokasi, BBPPMPV Bispar, dan BBPPMPV Bidang.

Adapun lomba video rangkaian dies natalis dimenangkan oleh BBPPMPV BBL Medan, runner up BBPPMPV Seni dan Budaya Jogjakarta, juara ketiga diraih BBPPMPV BOE Malang, serta juara favorit dari BBPPMPV Bispar Depok. Sedangkan lomba poster infografis dimenangkan oleh SMKN 1 Jambu sebagai juara I, SMKN 1 Surakarta sebagai juara II, SMKN 4 Semarang sebagai juara III, dan SMKN 6 Semarang sebagai juara favorit.

Tak ketinggalan, Dirjen Wikan turut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian dies natalis ini. “Terima kasih atas seluruh peserta yang terlibat dalam dies natalis kesatu ini. Semoga pendidikan vokasi ke depan dapat lebih dikenal oleh para pemangku kepentingan, mitra kerja maupun masyarakat, serta mewujudkan tantangan SDM unggul dan kompeten pada tahun-tahun mendatang,” pungkasnya. (Diksi/AP/KR)