Direktorat PTVP Sosialisasikan PKMV 2021

Jakarta, Ditjen Diksi – Kebutuhan pengembangan ekonomi Indonesia yang tercakup dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sangat diperlukan. Oleh karena itu, pemerintah mendukung pengembangan ekonomi Indonesia dengan mengeluarkan Program Wirausahaan Mahasiswa Vokasi (PWMV) tahun 2021.

“PWMV ini kan salah satu tujuannya adalah mendukung kompetensi dan potensi mahasiswa untuk mengembangkan wirausaha baru yang kreatif dan inovatif berbasis teknologi,” ujar Benny Bandanadjaja selaku Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP).

Benny juga menegaskan bahwa program ini diperuntukkan bagi usaha mahasiswa yang diharapkan dapat selaras dengan bidang kompetensi yang didalami. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dari lintas kompetensi yang membentuk satu kesatuan kelompok dalam menjalani usaha tersebut. “Harus dipikirkan beberapa prodi dalam skala kecil, dalam kelompok bisa gabungan dari beberapa kompetensi,” lanjutnya.

Pada kondisi ekonomi yang mulai membaik sejak pertumbuhan ekonomi terguncang akibat pandemi Covid 19, memang dibutuhkan dukungan untuk mengembalikan kembali semangat mengasah kreativitas melalui PWMV. Pada tahun ini setidaknya akan ada 900 mahasiswa dengan 180 kelompok yang akan didanai melalui PWMV ahun 2021. Jumlah tersebut akan mengalami peningkatan di tahun selanjutnya.

PWMV sendiri dilakukan dengan harapan mampu mendukung visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 dan Kampus Merdeka untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan, pendidikan, pelatihan, dan praktik kewirausahaan. Dalam program tesebut Kemendikbud melalui Direktorat PTPV juga akan membantu legalitas bagi usaha-usaha yang dijalani oleh mahasiswa.

Adapun kunci utama dalam keberhasilan tersebut adalah keberanian dari mahasiswa. Berani untuk mengambil risiko dan mulai membangun usahanya dengan konsisten.

Mengingat dengan kurva angka pengangguran yang meningkat pascapandemi, adanya usaha-usaha baru yang muncul atau pengembangan kreativitas ide usaha dari mahasiswa ini diharapkan dapat berkembang dan membuka peluang kerja yang baru. Sehingga, dapat menjadi salah satu solusi bagi pemerintah mengatasi permasalahan penekanan angka pengangguran. (Diksi/Tan/AP)