Dukung Usaha Kecil, Polinema Gelar Pelatihan Keuangan Wirausaha

Dukung Usaha Kecil, Polinema Gelar Pelatihan Keuangan Wirausaha

Malang, Ditjen Vokasi - Sebagai upaya untuk pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, tim dosen dari Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan pelatihan pengelolaan keuangan bagi wirausaha kecil di Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Jawa Timur. Pelatihan ini sekaligus bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dari Polinema.

 

"Kami harap apa yang kami lakukan ini bisa memberikan peluang kepada masyarakat atau pelaku industri kecil untuk meningkatkan kesejahteraannya menjadi lebih baik," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Yusna. 

 

Yusna mengatakan, kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan ini mencakup pengolahan keuangan dalam penentuan harga pokok produksi dalam bisnis kuliner kekinian yang banyak dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga di wilayah Kelurahan Lesanpuro.

 

“Dengan kegiatan ini diharapkan tumbuh kreativitas dan inovasi dari usaha kecil dan ibu-ibu rumah tangga untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Selain itu, diharapkan peserta juga memahami dan bisa menghitung harga jual yang tepat ketika akan memproduksi barang tersebut,” kata Yusna penuh harapan. 

 

Menurut Yusna, saat ini pemerintah berorientasi secara khusus dalam pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan pemberdayaan berarti melakukan kegiatan-kegiatan positif yang nantinya akan memberikan wawasan, menumbuhkan ide kreatif, dan menambah keterampilan yang telah dimiliki masyarakat sebelumnya.

 

“Sehingga, pemberdayaan masyarakat ini secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentu saja, dengan penekanan jika masyarakat berkeinginan untuk mengubah pola pikirnya demi kemajuan,” tambah Yusna.

 

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama empat jam, yang terdiri atas pengenalan tim pengabdian masyarakat dari Polinema, penjelasan materi pengelolaan keuangan untuk perhitungan harga pokok penjualan, dan persiapan peralatan untuk ide bisnis dari bidang kuliner, yaitu makanan sehat yang layak jual dan sedang populer di kalangan masyarakat. (Diksi/Nan/AP/NA)