Gali Talenta Terbaik, AHM Gelar ‘AHM Best Student 2021’

Jakarta, Ditjen Diksi – PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar sebuah ajang pencarian talenta terbaik tingkat SLTA/sederajat untuk menyampaikan ide atau gagasannya melalui karya tulis bertajuk “AHM Best Student 2021”. Dengan menggandeng berbagai stakeholder termasuk Direktorat SMK Kemdikbud-Ristek, ajang yang mengusung tajuk “Satu Hati Meraih Prestasi” ini turut mengumumkan juaranya melalui “Seminar Inspirasi dan Penganugerahan AHM Best Student 2021” secara virtual (21/8).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh dewan juri dari tingkat daerah hingga tingkat nasional dalam memilih siswa terbaik AHM dengan tema ‘Satu Hati Meraih Prestasi’ yang memiliki 4 kategori,” tutur General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.

Ahmad menjelaskan, perlombaan tersebut diikuti oleh 509 siswa yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia yang terbagi dalam empat kategori, yakni (1) Program Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan, (3) Pemberdayaan Ekonomi atau UMKM, serta (4) Inovasi Teknologi.

Senada dengan Ahmad, Executive Vice President AHM Johanes Loman juga menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh stakeholder yang konsisten dalam mengirimkan talenta terbaik negeri dalam perlombaan gagasan “AHM Best Student” yang diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2003. “Atas nama PT Astra Honda Motor mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbud-Ristek, Kementerian Lingkungan, dan berbagai pihak lain atas penjurian AHM Best Student 2021,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto turut memberikan arahan mengenai Merdeka Belajar sebagai salah satu wujud pemerintah dalam melahirkan generasi unggul. “Terima kasih dan salam satu hati. Kami sampaikan salam hangat dari Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim yang menyampaikan salam Merdeka Belajar. Merdeka Belajar artinya akan memerdekakan kalian, memerdekakan setiap siswa untuk menjadi apa pun sesuai dengan passion dan cita-citanya. Itulah makna Merdeka Belajar. Belajar itu harus menyenangkan,” tuturnya.

Wikan menambahkan, melalui perlombaan ini, Pusat Prestasi Nasional akan membuat bank data yang merupakan catatan-catatan finalis untuk dibina, ditelusuri, serta disalurkan sesuai dengan passion masing-masing. Selain itu, “Kalau memilih tempat kuliah, pilihlah sesuai passion dan jangan ikut-ikutan. Bahagia adalah do what you love dan love what you do. Kalian talenta-talenta terbaik yang sudah disortir AHM ini bisa kuliah sesuai passion-nya,” terangnya.

Di samping itu, Wikan juga menjelaskan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompeten terlahir tidak hanya mengenai kemampuan kognitif. Akan tetapi, kompetensi itu merupakan gabungan hard skills dan soft skills, serta karakter.

Adapun aktor sekaligus influencer Angga Yunanda juga turut memberikan motivasinya kepada para peserta dan finalis dari AHM Best Student 2021. “Aku sangat bersyukur oleh hal yang digagas Kemdikbud-Ristek. Merdeka Belajar untuk mencari sesuatu hal yang sesuai dengan passion dan bakat kita. Karena, dengan begitu kita tidak merasa terbebani,” ujarnya.

Menurut Angga, setiap orang tentu memiliki cara dan proses belajarnya masing-masing. Karenanya, Angga juga mengingatkan peserta dapat menemukan passion untuk belajar dan terus optimistis terhadap cita-cita yang akan digapai.

Adapun daftar pemenang AHM Best Student 2021, di antaranya diraih oleh Muhammad Tegar Aditiyah dari SMK Semen Gresik untuk kategori Special Appreciation, Chintia Feronika Rilsi dari SMK Agro Maritim Muhammadiyah Bengkulu untuk kategori Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan, serta Sabna Nurul Hasanah dari SMK Telkom Bandung dan Ni Wayan Deasy Sastra Astiti dari SMKN Bali Mandara untuk kategori Inovasi dan Teknologi. (Diksi/Tan/AP/Adi Sutrisno)