Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Ini, lho Jurusan bagi Pemilik Kecerdasan Naturalis!

11 Agustus 2022 16:56:43Kategori : Berita  
Ini, lho Jurusan bagi Pemilik Kecerdasan Naturalis!

Jakarta, Ditjen Vokasi - Orang Indonesia umumnya memiliki anggapan bahwa kecerdasan itu identik dengan kemampuan seseorang di bidang matematika atau IPA. Apa kamu satu di antaranya? 

 

Untungnya, seiring perkembangan zaman banyak dari kita mulai menyadari bahwa anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Faktanya, setiap orang memang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan kecerdasan yang tidak kalah beragamnya, seperti yang diungkapkan Howard Gardner lewat penelitiannya.

 

Dilansir dari akun instagram Pusat Data dan Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, guru besar psikolog dan ahli pendidikan dari Universitas Harvard tersebut menemukan fakta bahwa semua orang itu cerdas. Akan tetapi, tipe kecerdasan setiap orang memang bervariasi. Gardner menyebutnya sebagai kecerdasan majemuk.

 

Mengenali apa tipe kecerdasanmu, bisa membantu kalian untuk menggali apa potensi kalian sebenarnya. Tidak hanya itu, memahami kecerdasan diri juga sangat berguna bagi para pelajar atau mahasiswa untuk menemukan sekolah atau jurusan yang tepat sesuai dengan bakat kecerdasan yang dimiliki, membantu menemukan pekerjaan yang tepat, serta menjadi lebih sukses.

 

Salah satu tipe kecerdasan yang diperkenalkan oleh Gardner adalah kecerdasaan naturalis. Gardner menyatakan, naturalistic intelligence is the ability to understand and work effectively in the natural world ─ just as biologists, ornithologists, farmers and even chefs do. Artinya, kecerdasan naturalis ini berkaitan dengan kemampuan untuk memahami dan bekerja secara efektif di dunia alam, seperti menjadi ahli biologi, ornitologis, petani, dan koki.  

 

Kecerdasan naturalis biasanya juga terkait dengan kemahiran mengenali dan mengklasifikasikan flora dan fauna dalam lingkungannya, peka terhadap alam dan lingkungan. Orang dengan tipe kecerdasan ini biasanya ahli dalam membedakan anggota suatu spesies, mengenali eksistensi spesies lainnya, dan memetakan hubungan antara beberapa spesies, baik secara formal maupun informal.

 

Alam bebas akan menjadi sahabat bagi pemilik tipe kecerdasan ini karena mereka bisa menemukan pola-pola dalam alam sebagai aksi untuk menjaga lingkungan.

 

Nah, jika kamu termasuk tipe kecerdasan ini maka untuk memaksimalkan potensi kamu, jurusan-jurusan yang terkait dengan alam, seperti agrobisnis dan argoteknologi, bisa menjadi pilihan.

 

Berdasarkan data Dapodik 2021, ada sekitar 1.904 SMK yang memiliki kompetensi keahlian di bidang agribisnis dan agroteknologi ini. Salah satu jurusan yang favorit dari bidang ini adalah Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH).

 

Selain jenjang SMK, ada juga politeknik negeri pertanian yang memang memfokuskan pada bidang pertanian. (Diksi/Nan/AP/NA)

 

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.