Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Ini Lima Profesi untuk Lulusan Tata Kecantikan!

07 Agustus 2022 16:21:00Kategori : Berita  
Ini Lima Profesi untuk Lulusan Tata Kecantikan!

Jakarta, Ditjen Vokasi - Tata Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR) menjadi salah satu kompetensi keahlian yang ada SMK. Jurusan ini membekali para peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kecantikan kulit, rambut, dan juga kewirausahaan. 

 

Seiring berkembangnya media sosial dan kesadaran masyarakat untuk merawat dan mempercantik diri, membuat jurusan ini cukup favorit di SMK. Alasannya, kompetensi ini memiliki banyak peluang pekerjaan, mulai dari salon, industri kecantikan, hingga membuka usaha sendiri. 

 

"Karena tata kecantikan itu kan cakupannya cukup luas, jadi lulusannya bisa masuk ke mana saja," kata Diana, salah seorang guru Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, SMK PGRI 1 Mejobo, Kudus, Jawa Tengah.

 

Nah, apa saja peluang kerja dari jurusan ini? Berikut lima prospek kerja untuk lulusan tata kecantikan kulit dan rambut menurut Diana.

 

1. Make Up Artis (MUA)

Biasanya para siswa tata kecantikan kulit dan rambut ini sudah diperkenalkan dengan berbagai macam alat make up sehingga mereka memiliki kemampuan untuk merias wajah. Biasanya seorang MUA harus mampu menghasilkan riasan wajah yang bagus dan sesuai dengan selera klien. Seorang MUA juga bisa bekerja di salon, penyedia jasa kecantikan atau mandiri.

 

2. Beautician

Beautician atau ahli kecantikan ini menjadi profesi yang banyak dibutuhkan di salon, spa, atau klinik kecantikan. Seorang beautician ini bertanggung jawab memberikan layanan kecantikan kepada kliennya sehingga membuat mereka merasa lebih percaya diri. Jenis-jenis perawatan yang dilakukan oleh beautician biasanya termasuk facial, hair removal, manicure, pedicure, dan mengaplikasikan aneka macam produk kecantikan.

 

3. Hair Stylist 

Hair stylist dikenal juga sebagai hair dresser, bertanggung jawab memberikan treatment rambut kepada klien. Jenis-jenis perawatan rambut yang dilakukan oleh seorang hair stylist biasanya mulai dari potong rambut, styling, coloring, hair scalp, keratin treatment, detox treatment, dan lain sebagainya. Dalam bekerja, seorang hair stylist harus bisa memakai sejumlah peralatan salon yang memudahkan pekerjaannya. Biasanya, semua kecakapan tersebut sudah dibekali saat mereka menempuh pendidikan di SMK jurusan TKKR ini.

 

4. Beauty Therapist

Maraknya salon dan spa menjadi lapangan pekerja baru bagi lulusan SMK Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut untuk menempati posisi sebagai beauty therapist atau terapis kecantikan. Seorang terapis kecantikan biasanya merupakan seorang profesional yang ahli dalam melakukan berbagai jenis perawatan kecantikan. Mereka juga dapat mengambil spesialisasi tertentu, seperti massage, waxing, atau facial

 

5. Beauty Blogger/Vlogger 

Seorang beauty blogger biasanya banyak menulis tentang review produk-produk kecantikan. Selain menulis, mereka juga membuat konten berupa video tutorial make up yang dibagikan kepada pembaca atau follower mereka di media sosial. Para beauty blogger/vlogger ini biasanya mendapatkan penghasilan dari review produk atau biaya endorse dari brand-brand kosmetik yang menjadi klien mereka. (Diksi/Nan/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.