Kemendikbud Siap Selenggarakan Puncak Kampanye Gernas BBI

Jakarta, Ditjen Diksi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap menyelenggarakan puncak kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, pada 12 Desember 2020. Dengan mengangkat tema #HANYAADADISINI, kampanye gerakan tersebut tengah berlangsung, mulai tanggal 1-15 Desember 2020.

Adapun puncak gerakan yang bertujuan mendorong masyarakat untuk membeli produk-produk buatan UMKM dan ultra mikro lokal, serta mendukung keberlangsungan sektor tersebut selama pandemik bakal menampilkan pameran produk Bangga Buatan Indonesia, pertunjukkan seni dan budaya, fashion show, serta bincang seru bersama influencer dan tiga Direktur Jenderal dari Kemendikbud. Selain dari UMKM, pameran tersebut juga menyajikan hasil produk dari perwakilan 34 sekolah menengah kejuruan (SMK), lembaga kursus dan pelatihan (LKP), pusat kegiatan belajar masyarakat, perguruan tinggi, politeknik, dan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi. Acara ini rencananya juga akan ditayangkan segera pada kanal Youtube Kemendikbud RI.

Selain menghadirkan booth-booth sesuai dengan tema yakni fesyen, makanan dan minuman, kria, ada pula booth untuk hasil karya teknologi, serta panggung untuk pertunjukan kesenian dan talk show yang telah disesuaikan dengan protokol kesehatan selama masa pandemik. Sebagai contoh, salah satu peserta pameran produk, yaitu SMK Negeri 2 Lhoksumawe, Aceh, akan menampilkan produk kreatif sekolah yang di buat siswanya berupa makanan ringan. 

Makanan ringan ini berbeda dari yang lain karena berbahan dasar emping beras dan rempah-rempahan yang merupakan hasil bumi yang ada di Lhokseumawe. “Dengan adanya pameran ini, diharapkan kita dapat memperkenalkan produk lokal Aceh sehingga dapat dikenal dan bisa cocok dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.” ucap salah seorang perwakilan SMKN 2 Lhokseumawe.

Penasaran dengan olahan hasil produk asal ujung Sumatra dan produk-produk dari peserta pameran lainnya? Serta, apa saja kejutan-kejutan yang akan ditampilkan di acara Puncak Gernas BBI Kemendikbud? Jangan lupa, saksikan segera di kanal Youtube Kemendikbud RI, ya! (Diksi/RA/AP/KR)