Kemitraan Dorong PTV Raih ‘Trust’ IDUKA

Kemitraan Dorong PTV Raih ‘Trust’ IDUKA

Pontianak, Ditjen Diksi - Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan vokasi di Tanah Air serta membangun kerja sama antara perguruan tinggi vokasi (PTV) dengan industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA), Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud membuka Program Pengembangan Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi Berstandar Industri Tahun 2020. Launching program yang dilaksanakan pada Jumat (11/9) di Accounting Hall Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) tersebut dilakukan dengan kombinasi daring  dan luring sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Direktur Mitras DUDI Ahmad Saufi mengatakan bahwa Program Pengembangan Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi Berstandar Industri yang diluncurkan itu diharapkan dapat membawa industri ke kampus dalam pencapaian standar kompetensi. Dengan demikian, akan tercipta ekosistem kolaborasi yang baik antara PTV, industri, dan asosiasi profesi dalam memperkuat kemitraan berbasis kerja bersama membangun Indonesia.

“Kemitraan itu menjadi bagian penting dalam pendidikan, karena dapat mendorong institusi pendidikan tinggi vokasi mendapatkan kepercayaan (trust) oleh dunia industri dan dunia kerja (IDUKA). Itu sebabnya, dilakukan kolaborasi lintas PTV dengan IDUKA dan asosiasi profesi untuk menghasilkan MUK yang disepakati dan bersifat nasional. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan industri terhadap pelaksanaan sertifikasi kompetensi,” ujar Saufi.

Adapun Ketua LSP P1 Polnep menuturkan, Polnep termasuk salah satu dari 10 PTV yang terpilih menjadi pelaksana Program Pengembangan Penilaian Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi Berstandar Industri Tahun 2020 dalam bidang ekonomi kreatif. Output kegiatan tersebut adalah 15 skema sertifikasi nasional berdasarkan KKNI level 5 dan 6, penyusunan standar sertifikasi (materi uji kompetensi/ perangkat uji), dan penyusunan petunjuk teknis (juknis) tempat uji kompetensi (TUK). Sedangkan mitra yang terlibat dalam program ini sebanyak 16 industri, 14 asosiasi profesi, dan 13 PTV.

Sementara itu Direktur Polnep Muhammad Toasin Asha mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Mitras DUDI Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud yang mendanai program dan mitra industri, PTV, serta asosiasi melalui Program Pengembangan Penilaian Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi Berstandar Industri Tahun 2020. Pasalnya, “Kolaborasi antara dunia usaha dan industri dengan dunia pendidikan akan menghasilkan tenaga-tenaga siap kerja sesuai dengan tuntutan zaman,” terangnya. (Diksi/Wandi/AS/AP)