Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

LKP Agung : Kala Tata Rias Lokal Mendunia

07 Oktober 2021 05:20:28Kategori : Berita   Setditjen Diksi
LKP Agung : Kala Tata Rias Lokal Mendunia
LKP Agung : Kala Tata Rias Lokal Mendunia

Denpasar, Ditjen Diksi – Berlokasi di Jalan Anggrek, Denpasar, Bali, LKP Agung memang tak tampak seperti lembaga kursus lainnya. Tengok saja interior dinding dalamnya yang dipenuhi oleh foto-foto sang pemilik, Dr. AA Ayu Ketut Agung, yang tengah berada di berbagai pelosok dunia. “Hanya Afrika dan Rusia yang belum disinggahi,” tutur Ibu Agung.

Kecintaan Ibu Agung terhadap tata rias sendiri tumbuh sejak menjadi pengajar SD pada era 80-an, hingga menumbuhkan niatnya mendirikan LKP pada 1982. “Pada saat itu bernama Kursus Kecantikan dan Salon Agung,” kisahnya.

Pada momen itu jualah Ibu Agung mulai mendapat kepercayaan merias para tamu pejabat maupun menteri. Alhasil, seiring beragam event di Pulau Dewata, “Di sini sering turut dipromosikan busana adat Bali,” ujar sosok perempuan yang selama 10 tahun berturut-turut merias Ibu Negara kala itu, Ani Bambang Yudhoyono.

Selain menyajikan jasa andalan tata rias pengantin, LKP Agung juga menyajikan tata kecantikan kulit, tata kecantikan rambut, dan tata busana adat Bali. Tercatat, LKP ini telah mencetak lebih dari 10 ribu lulusan regulernya. Di samping itu, LKP ini juga sering kali menggelar workshop kecantikan dan tata rias pengantin bali yang menyasar ibu-ibu PKK dengan harapan tumbuhnya kemandirian (bisa berhias sendiri) hingga peluang bisnis bagi para peserta didiknya. “Saat ini kami juga mendapatkan bantuan program PKW platinum untuk tata kecantikan kulit dari Direktorat Kursus dan Pelatihan,” terang Ibu Agung.

Selain menjadi langganan para istri pejabat maupun menteri, LKP Agung juga pernah mendapatkan kunjungan dari peserta World Bank dan IMF dari berbagai negara yang tengah menghadiri acara internasional di Bali. “Merekalah yang turut mempromosikan LKP ini di negaranya masing-masing,” tutur Ibu Agung.

Tak heran, meski masa pandemik masih berlangsung hingga kini, LKP Agung masih terus berjalan melayani kebutuhan masyarakat yang ingin menjadi entrepreneur sejati di bidang tata kecantikan ini. Ditambah lagi, “Pada masa ini kami memberikan diskon 50 persen untuk calon peserta didik,” jelas Ibu Agung.

Sebagai informasi, LKP Agung sendiri kerap mendapatkan penghargaan hingga akhirnya turut diundang ke berbagai negara. Salah satu penghargaan bergengsi diperoleh dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) sebagai penyelenggara uji kompetensi dengan peserta terbanyak seluruh Indonesia untuk uji kompetensi tata kecantikan kulit, serta penghargaan dari DPP himpunan penyelenggaraan kursus se-Indonesia. (Diksi/AP/KR).

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.