Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Kembangkan Puzzle Edukasi

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Kembangkan Puzzle Edukasi

Bogor, Ditjen Vokasi - Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan, lima mahasiswa Sekolah Vokasi, Institut Pertanian Bogor (IPB) kembangkan puzzle edukasi bertema “10 Bali Baru”. Puzzle bertitel PUBARU ini merupakan sebuah edukasi mengenai keindahan alam Indonesia yang dikemas dalam bentuk permainan. Lebih lanjut, PUBARU tersebut dibuat guna mendukung program pemerintah, yaitu Pengenalan Wisata 10 Bali Baru.

 

Kelima mahasiswa yang mengembangkan puzzle edukasi tersebut, yaitu Aulia Nabil, Lutfi Septiya, Manar Harahap, Shafira Armadanti, dan Vitri Puspita. “Ini awalnya memang dari PKM Kewirausahaan. Kami concern di bidang edukasi budaya dan pariwisata, makanya tercetuslah PUBARU,” tutur Aulia.

 

Diinformasikan, wisata 10 Bali Baru yang digalakkan oleh pemerintah meliputi Candi Borobudur, Tanjung Kelayang, Gunung Bromo, Labuan Bajo, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Mandalika, Wakatobi, Tanjung Lesung, serta Pulau Morotai.

 

Menariknya, puzzle edukasi yang yang dirancang oleh kelima mahasiswa Sekolah Vokasi IPB tersebut dilengkapi dengan whiteboard dan spidol. Tidak hanya itu, puzzle tersebut juga dilengkapi oleh fitur QR Code yang berisikan video pengenalan mengenai wisata 10 Bali Baru, serta pengenalan ragam budaya daerah lainnya.

 

Sebagaimana media edukasi, PUBARU tidak hanya menyajikan edukasi mengenai keindahan alam serta budaya Indonesia. Lebih dari itu, PUBARU juga dapat menjadi media bagi anak untuk belajar bahasa asing karena menghadirkan video dengan subtitle bahasa Inggris. (Diksi/Tan/AP/NA)