Memahami Perbedaan Rating Bintang pada Hotel

Jakarta, Ditjen Diksi -- Rating bintang yang tersemat pada sebuah hotel, kerap menjadi salah satu pertimbangan saat seseorang memesan hotel sebagai akomodasi, misalnya untuk berlibur dan perjalanan dinas. Biasanya, semakin tinggi klasifikasi bintangnya maka akan semakin bagus dan lengkap fasilitas yang ditawarkan oleh hotel tersebut. Harganya juga lebih mahal.

 

Lazimnya peringkat hotel dimulai dari hotel bintang satu hingga yang tertinggi adalah hotel bintang lima.  Lalu, apa sebenarnya yang membedakan rating bintang pada hotel-hotel ini?

 

Mengutip dari kanal Youtube International Hotel Management School Indonesia (IHS), Karanganyar, Jawa Tengah,  rating bintang pada hotel secara sederhana lebih pada penilaian terhadap fasilitas dasar dan pelayanan dari sebuah hotel. Artinya, bukan berarti hotel dengan rating bintang lebih sedikit menjadi tidak layak disinggahi dibandingkan hotel dengan peringkat bintang lebih banyak. Hanya saja, fasilitas dasar yang ditawarkan mungkin lebih terbatas. Lantas, apa saja pembedanya?

 

Hotel bintang 1

 

Klasifikasi bintang 1 ini adalah hotel yang memiliki jumlah kamar tipe standar dengan jumlah kamar minimal 15 unit. Tipe hotel ini biasanya memiliki kamar mandi yang berada dalam kamar, tapi tidak semua kamar memiliki air conditioner (AC). Sering kali, hotel ini juga tidak menyediakan restoran sehingga pengunjung harus mencari makanan di luar hotel.

Hotel tipe ini umumnya memiliki satu jenis atau tipe kamar. Biasanya hotel bintang 1 menjadi pilihan  favorit bagi para backpacker atau mereka yang hanya perlu tempat istirahat di malam hari.

 

Hotel bintang 2

Pada hotel bintang 2, setiap kamarnya akan dilengkapi dengan telepon dan televisi. Untuk jumlah kamar, hotel ini biasanya memiliki kamar tipe standar minimal 20 unit dengan luas kamar minimal 22 meter persegi.

Pada umumnya hotel bintang 2 juga dilengkapi dengan sarana olahraga dan memiliki lobi meski tidak terlalu besar atau luas.  Hotel ini juga sudah dilengkapi dengan sarana pengamanan yang lebih memadai dari hotel bintang 1.

 

 

Hotel bintang 3

Jumlah kamar standar pada hotel bintang 3 minimal 30 kamar. Pada hotel bintang 3 juga sudah memiliki kamar tipe suite yang jumlahnya minimal 2 unit. Hotel ini sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi dan bar untuk pengunjung.

Pada hotel bintang 3 juga  tersedia fasilitas restoran yang menghidangkan makanan untuk pagi dan siang hari. Untuk fasilitas parkir, hotel bintang 3 menyediakan jasa valey parking bagi pengunjung yang membutuhkan.

 

Hotel bintang 4

Jika pada hotel bintang 3 jumlah kamar standar 30, maka untuk hotel bintang 4  jumlah kamar tipe standar minimal 50 kamar, dan tipe suite minimal 3 kamar. Pada hotel jenis ini, juga sudah memiliki kamar mandi dengan pilihan air dingin dan air panas.

Untuk fasilitas olahraga, hotel ini memiliki fasilitas kolam renang yang cukup luas dan juga lobi yang juga luas. Untuk para stafnya,  hotel ini ini memiliki staf  yang lebih profesional di bidangnya.

 

Hotel bintang 5

Sebagai kasta tertinggi, hotel bintang 5 memiliki kamar tipe standar minimal 100 unit, dan menyediakan kamar tipe siute minimal 4 kamar. Standar pelayanan pada hotel ini sangat tinggi dan memiliki layanan multibahasa. Hotel bintang lima, menyediakan welcome drink dan daftar wine bagi para tamunya. Fasilitas restorannya juga sudah 24 jam dan makanan dapat dikirim langsung ke kamar. (Diksi/Nan/AP/NA)