Miliki Gedung Anyar, Politala Siapkan Prodi D-4

Miliki Gedung Anyar, Politala Siapkan Prodi D-4

Tanah Laut, Ditjen Diksi – Dalam rangka meningkatkan infrastruktur guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompeten, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto meresmikan gedung perkuliahan terpadu serta gedung teknik informatika di Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Tanah Laut, Kalimantan Selatan (26/1). Kedua gedung tersebut, yakni gedung kuliah teknik informatika yang diberi nama Nadiem Anwar Makarim (Mendikbudristek) dan gedung kuliah terpadu bernama Syekh Muhammad Arsyad al Banjari (tokoh ulama Kalsel).

“Selamat gedung ini sudah bisa digunakan lagi. Harapan kami bisa menggandakan mahasiswa biar nanti lebih banyak lagi anak-anak hebat yang lahir dari Politala ini,” tutur Wikan.

Terlebih, dengan hadirnya gedung baru tersebut diharapkan juga dapat menghasilkan SDM yang unggul, kompeten, dan berdampak yang nyata untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya Kabupaten Tanah Laut.

Selain itu, Wikan juga mengucapkan terima kasih kepada Politala yang telah berkomitmen dalam mendukung pengembangan ekosistem pendidikan vokasi melalui program upgrade D-3 menjadi sarjana terapan. Karenanya, Wikan mengimbau kepada seluruh civitas akademi di Politala untuk turut mengikuti program Kampus Merdeka.

“Ayo daftar program Kampus Merdeka yang anggarannya ratusan miliar untuk pengiriman mahasiswa ke luar negeri, untuk mahasiswa magang, untuk menghadirkan peran industri mengajar di sini, dan banyak lainnya,” tutur Wikan.

Lebih lanjut, Wikan juga menjelaskan mengenai program Kampus Merdeka Vokasi, di antaranya matching fund serta adanya riset terapan. “Jadi, riset di perguruan tinggi dengan industri itu untuk menghasilkan produk yang bisa dihilirkan ke masyarakat. Riset vokasi itu, ya menghasilkan produk yang bisa menjadi problem solver,” pungkasnya. (Diksi/Tan/AP)