Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Pendaftaran Sertifikasi dan Magang Bersertifikat untuk Dosen Vokasi Kembali Dibuka

08 Agustus 2022 16:53:00Kategori : Berita  
Pendaftaran Sertifikasi dan Magang Bersertifikat untuk Dosen Vokasi Kembali Dibuka

Jakarta, Ditjen Vokasi – Kabar gembira bagi para civitas academica perguruan tinggi vokasi (PTV). Kini, pendaftaran program sertifikasi dan magang bersertifikat bagi para dosen vokasi kembali dibuka. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 6 Agustus 2022 lalu dan akan ditutup pada 13 Agustus 2022 mendatang.

 

Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi (KLSD PTV), Henri Tambunan, mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kapasitas SDM di lingkup pendidikan tinggi vokasi.

 

“Direktorat KLSD mempercepat peningkatan kapasitas dan kompetensi dosen melalui program sertifikasi dan magang bersertifikat dosen vokasi untuk mempercepat terwujudnya pendidikan tinggi vokasi yang unggul dan berdaya saing global,” ungkap Henri.

 

Sementara itu, diinformasikan mengenai skema program yang kembali dibuka pendaftarannya, yaitu Skema A2 (luar negeri), Skema C1 (dalam negeri), dan Skema D (luar negeri).

 

Skema A Sertifikasi Kompetensi merupakan uji kompetensi yang sistematis dan objektif serta mengacu pada standar kompetensi kerja nasional, internasional, atau standar yang berlaku khusus. Pada pelaksanaannya, akan ada pelatihan pada Skema A ini minimal selama 40 jam.

 

Skema C Magang Industri Bersertifikat yaitu fasilitas bagi dosen untuk memperoleh pengalaman, wawasan, dan pengetahuan kegiatan/aktivitas input, proses, dan output dalam industri relevan dengan proses pembelajaran. Durasi pelaksanaan program magang bersertifikat tersebut minimal 2 bulan atau memfasilitasi perguruan tinggi vokasi untuk mencapai indikator kinerja utama (IKU) dan indikator kinerja tambahan (IKT).

 

Skema D Penguatan Tata Kelola PTV Unggul Bereputasi Global yaitu penguatan tata kelola PTV melalui magang kepemimpinan untuk mendesain PTV unggul yang berdaya saing global. Durasi skema D tersebut minimal dilaksanakan selama satu bulan.

 

Informasi lebih lanjut mengenai program Sertifikasi dan Magang Bersertifikat bagi Para Dosen Vokasi dapat dilihat melalui http://klsd.vokasi.kemdikbud.go.id/. (Diksi/Tan/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.