Penerapan Kurikulum Merdeka di Pandeglang sebagai Langkah Transfromasi Pendidikan untuk Memajukan Daerah

Penerapan Kurikulum Merdeka di Pandeglang sebagai Langkah Transfromasi Pendidikan untuk Memajukan Daerah

Banten, Ditjen Vokasi - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kiki Yuliati dan Perwakilan dari Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan serta Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Senin (08/8).

Dalam kunjungan kerjanya, Kiki Yuliati melakukan audiensi dan diskusi dengan kepala SMP Negeri 1 Kaduhejo dan SD Negeri 4 Pandeglang. Kiki menyampaikan dalam pertemuan tersebut,

“Dalam rangka pemulihan pembelajaran, Kemendikbudristek telah mengeluarkan kebijakan merdeka belajar yaitu Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar kepada satuan Pendidikan sebagai opsi lain dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada tahun 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran,” tutur Kiki

Kurikulum Merdeka dapat menjadi salah satu opsi yang dipilih secara sukarela oleh satuan pendidikan tidak ada paksaan terutama dari Pejabat Pemerintah, lanjutnya .

Saat di SMPN 1 Kaduhejo maupun di SDN 4 Pandeglang, Kiki menyampaikan kepada Kepala Sekolah dan guru-guru yang hadir untuk memanfaatkan platform Merdeka Belajar, membentuk komunitas belajar, dan juga untuk mengajak pemerintah daerah untuk mendukung para satuan pendidikan agar lebih optimal dan pemanfaatan platform.

Terkait guru penggerak Kiki menyampaikan bahwa guru penggerak yang diambil memang adalah guru-guru muda dengan harapan bisa lebih cepat merespon perubahan tanpa mengesampingkan guru yang lebih senior “tua” yang sudah dianggap lebih ahli.

Selain itu Kiki Yuliati memberikan masukan kepada Pj Sekretaris Daerah, Taufik Hidayat, pada saat di SMPN 1 Kaduhejo terkait keunggulan dan potensi wilayah yang mana masuk ke dalam ekonomi khusus dan kawasan industri yang berpusat di Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, misalnya peternakan, pertanian, dan maritim. Kabupaten Pandeglang sebagai kawasan ekonomi khusus sektor ekowisata dapat menyuplai Sumber Daya Manusia untuk bidang industri dalam rangka mendukung ekonomi khusus itu sendiri.

Dalam audiensi pada Senin, 8 Agustus 2022, Kiki dan rombongan diterima oleh Pj Sekretaris Daerah, Taufik Hidayat beserta Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan, Arkani di Kantor Bupati Kabupaten Pandeglang. Pada pertemuan tersebut Taufk menyampaikan dukungannya dengan adanya kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Pj Sekretaris Daerah, Taufik Hidayat memberikan dukungan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pembelajaran yang berpihak pada murid-murid. Taufik dan pemerintah daerah  akan terus membantu meningkatkan pemahaman tenaga pendidik dan mengajak seluruh pihak terutama untuk aktif mengakses platform yang tersedia untuk meningkatkan kompetensi diri dan meningkatkan pemahaman selain itu diharapkan kepada guru-guru dapat mengaktfkani komunitas belajar. Hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pandeglang. (Diksi/HP)