PNP Gelar Skema Sertifikasi Pembekuan Udang

PNP Gelar Skema Sertifikasi Pembekuan Udang

Pontianak, Ditjen Diksi – Skema sertifikasi pengawas mutu (quality control) pembekuan udang merupakan Skema Sertifikasi Okupasi Nasional yang dikembangkan oleh Komite Skema Sertifikasi LSP P1 Politeknik Negeri Pontianak (PNP). Adapun kemasan kompetensi yang digunakan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP 250/MEN/IX/2009 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Industri Pengolahan Sub-sektor Industri Makanan dan Minuman Bidang Pengolahan dan Pengawetan Ikan Sub-bidang Industri Pengolahan Udang Menjadi SKKNI. 

“Skema sertifikasi ini digunakan pada Prodi D-III Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan Politeknik Negeri Pontianak untuk memastikan kebutuhan tenaga kerja dengan kompetensi keahlian pengawas mutu (quality control) pembekuan udang dengan level sertifikat III (tiga), dan sebagai acuan dalam asesmen oleh LSP-P1 Politeknik Negeri Pontianak dan asesor kompetensi,” ujar Okto Ivansyah, Ketua Komite Skema Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan (IKP) PNP, di sela pembukaan pelaksanaan uji kompetensi mahasiswa Jurusan IKP di aula Akuntansi PNP (23/9).

Sementara itu Ketua Pelaksana Belvi Vatria mengungkapkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membantu industri meyakinkan kepada kliennya bahwa jasanya telah dibuat oleh tenaga-tenaga yang kompeten. Selain itu, kegiatan ini juga membantu dalam rekrutmen dan mengembangkan tenaga berbasis kompetensi, khususnya guna meningkatkan efisensi pengembangan SDM dan efisiensi nasional pada umumnya. 

“Kegiatan ini juga membantu industri dalam sistem pengembangan karir dan remunerasi tenaga berbasis kompetensi dan meningkatkan produktivitas. Sedangkan bagi peserta (mahasiswa) menjadikannya sebagai tenaga profesi dalam promosi profesinya di pasar tenaga kerja,” ujarnya. 

Ruang lingkup skema sertifikasi adalah pengawas mutu (quality control) pembekuan udang dan lingkup penggunaan sertifikat sebagai pengawas mutu (quality control) pembekuan udang pada industri pembekuan udang. “Adapun tujuan sertifikasi adalah memastikan dan memelihara kompetensi tenaga kerja pada jabatan sebagai pengawas mutu (quality control) pembekuan udang,” tutur Belvi.

Lebih lanjut Belvi mengatakan, dilaksanakannya kegiatan uji kompetensi bagi mahasiswa ini tentunya memberikan manfaat bagi PNP untuk memastikan “link and match” antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi dunia industri. Selain itu, memastikan tercapainya efisiensi dalam pengembangan program pendidikan dan membantu PNP dalam sistem asesmen, baik formatif, sumatif maupun holistik yang dapat memastikan dan memelihara kompetensi peserta didik selama proses pendidikan.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini dibuka oleh Pembantu Direktur I Polnep dengan menghadirkan narasumber Belvi Vatria, Andul Hakim dari PT Pulaumas Khatulistiwa Pontianak, Niken Dharmayanti (Politeknik AUP Jakarta), Nani Nur’aenah (Polnep), dan Junardi (Poltek Sambas) dengan dipandu oleh Kristina Novalina. (Diksi/Wandi/AP/AS)