Polbeng Raih Juara 1 Kompetisi Program I3CE

Bengkalis, Ditjen Diksi - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) berhasil meraih juara pertama kategori reseach paper dalam Program Innovation Competition, Conference dan Career Exthibition (I3Ce), seri 2 tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual oleh Politeknik Malaka pada bulan Oktober-November tahun 2020. Selain mendapat juara pertama pada kategori reseach paper, Polbeng juga meraih juara kedua dan ketiga dalam kategori produk melalui pengumuman pemenang pada Rabu (18/11).

Selain Polbeng, kompetisi tersebut juga diikuti oleh beberapa politeknik lainnya, yakni Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Sriwijaya, dan Politeknik Medan. 

Juara I kategori reseach paper diraih oleh Rio Chandra, mahasiswa Prodi D3 Jurusan Teknik Informatika dengan judul “Perancangan Aplikasi Pendeteksian dan Perhitungan Kendaraan ke Pelabuhan RoRo Air Putih Bengkalis menggunakan Opencv”. Sedangkan Reza Septian Harianto, Rinaldy Fernanda, dan Bayu Wahyudi yang ketiganya merupakan mahasiswa Prodi D3 Teknik Perkapalan Jurusan Teknik Perkapalan meraih juara II kategori produk dengan judul “Design of Plate Cutting Tale for Semi Automatic Mobile Plat Cutting Machine, serta Muhammad Fauzi, mahasiswa Prodi D4 Rekayasa Perangkat Lunak, sebagai juara ketiga dalam kategori kategori yang sama dengan judul “Development of Android Based Fire Disaster Response Mobile Application”.

Tentu saja, Direktur Polbeng Johny Custer merasa bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswanya tersebut. “Pencapaian ini merupakan prestasi yang gemilang dan pantas dijadikan contoh bagi mahasiswa Polbeng lainnya,” ujar Johny Custer.

Johny menambahkan, prestasi yang diraih oleh Rio Chandra tersebut membuktikan bahwa mutu pendidikan Polbeng sudah lebih baik, bahkan mengalami kemajuan yang signifikan.

Adapun Kepala Kantor Urusan Internasional dan PIC Polbeng Alkadri juga turut menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya tersebut. “Ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Meraih juara pertama di ajang bergengsi ini merupakan kebanggaan bagi segenap civitas akademika Polbeng,” ungkapnya.

Alkadri menambahkan, pencapaian ini merupakan bukti bahwa skripsi atau penelitian/proyek akhir mahasiswa Polbeng tidak kalah bersaing dengan politeknik lain, apalagi bisa memenangkan kompetisi. “Mudah-mudahan prestasi ini menjadi motivasi bagi mahasiswa Polbeng lainnya untuk ikut mengharumkan nama almamater ini,” pungkasnya. (Diksi/Polbeng/AP)