Polibatam Tawarkan Solusi Industri Bermasalah via PBL

Polibatam Tawarkan Solusi Industri Bermasalah via PBL

Batam, Ditjen Vokasi – Politeknik Negeri Batam (Polibatam) terus membuka kesempatan berkolaborasi dengan industri di Batam yang memiliki permasalahan teknis untuk dicarikan solusinya dengan program PBL (project based learning). "Kami menawarkan dan mengajak industri-industri yang ada di Batam yang memiliki masalah teknis untuk berkolaborasi dicarikan solusinya," jelas Wakil Direktur I Bidang Akademik Polibatam, Ahmad Riyad Firdaus, saat acara serah terima hasil produk PBL Polibatam ke PT Sumitomo Wiring Systems Batam beberapa waktu lalu.

 

Polibatam sejak beberapa tahun terakhir giat melaksanakan metode pembelajaran dengan menggunakan PBL. Kegiatan tersebut dilakukan di Gedung Technopreneur Centre, yaitu gedung yang dibangun untuk pengembangan metode pembelajaran PBL untuk mahasiswa-mahasiswi lintas prodi bisa mengerjakan proyek.

 

Salah satu mitra industri Polibatam yang menjalankan program atau metode pembelajaran PBL, yakni PT Sumitomo Wiring Systems Batam. Menurut Firdaus, ada enam produk PBL hasil kolaborasi Polibatam dan PT Sumitomo Wiring Systems Batam yang dihasilkan.

 

Enam produk tersebut meliputi Building AR Learning Assembly, Sumitomo Lifter Machine Project, K3 Animation Video, Animation Video of Tutorial Training New Employee, Training Information System of New Employee Project, dan Automation for Wire Selection Project Team.

 

Pada kesempatan tersebut, para petinggi dan staf PT Sumitomo Wiring Systems juga menyempatkan melihat pembelajaran yang ada di Laboratorium Teknik Robotika (BRAIL) Polibatam. Beberapa proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa/mahasiswi juga sempat membuat Direktur Utama PT Sumitomo Wiring Systems dari Jepang, Michimasa Noro, tertarik. (Diksi/Mya/AP/NA)