Polindra Selenggarakan Pendampingan SMK PK

Polindra Selenggarakan Pendampingan SMK PK

Indramayu, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) menyelenggarakan koordinasi pendampingan SMK Pusat Keunggulan (PK) yang diikuti oleh 24 SMK binaannya beberapa waktu yang lalu. Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Dinas Pendidikan Jawa Barat, Edy Purwanto, mengatakan bahwa program pendampingan SMK tersebut guna mengoptimalkan peran SMK mencetak lulusan yang siap bekerja, melanjutkan studi, dan berwirausaha (BMW).

 

“Kita tidak hanya berfokus pada kurikulum industri, tetapi juga konsep pada siswa yang akan melanjutkan studi maupun berwirausaha, dan SMK PK adalah salah satu programnya,” ujar Edy.

 

Oleh karena itu, Edy menambahkan, Polindra mengadakan kegiatan pendampingan guna menyatukan persepsi mengenai implementasi SMK PK terhadap SMK yang didampinginya.

 

Senada dengan Edy, Ketua Tim Pendamping SMK PK Polindra, Raswa, menuturkan bahwa koordinasi yang dilakukan oleh Polindra merupakan salah satu upaya menyatukan persepsi antara Polindra selaku perguruan tinggi pendamping dan SMK yang didampinginya, yang juga membahas 8 standar nasional pendidikan.

 

“Kita samakan persepsinya. Ada beberapa indikator pembahasan, yakni soal pemenuhan 8 standar nasional pendidikan, penyusunan pengembangan SMK PK, penyusunan asesmen bersama, pengembangan teaching factory, transparansi pengetahuan dari industri melalui teaching factory, serta pengembangan SMK PK berbasis data,” jelas Raswa.

 

Menurut Raswa, penyamaan persepsi perlu dilakukan agar tujuan pendampingan SMK PK menjadi semakin jelas.

 

Sementara itu, Direktur Polindra, Casiman Sukardi, mengatakan, pihaknya sangat siap melakukan pendampingan terhadap SMK PK binaannya. “Kita siap, karena ini bukan tahun pertama. Ini sudah dievaluasi oleh tim SMK PK Jawa Barat dan pusat karena yang memilih orang lain, bukan kita. Melihat hasil (tahun lalu) ternyata berhasil dan dipercaya dari awalnya 3 SMK PK, tahun ini mendampingi 24 SMK PK,” ungkapnya. (Diksi/Tan/AP/NA)