Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Sasambo, Batik Asal SMKN 5 Mataram yang Mendunia!

22 Januari 2022 10:24:00Kategori : Berita  
Sasambo, Batik Asal SMKN 5 Mataram yang Mendunia!
Sasambo, Batik Asal SMKN 5 Mataram yang Mendunia!

Mataram, Ditjen Diksi - Indonesia merupakan negara dengan beragam budaya, salah satunya adalah batik, sebagaimana diresmikan oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia. Batik sendiri memiliki keberagaman motif dan ciri khas dari masing-masing daerah. Seperti halnya Sasambo, batik yang menjadi ciri khas dari wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Kepala SMKN 5 Mataram, Istiqlal menyebutkan arti jargon Sasambo tidak lain merupakan gabungan dari etnik grup yang ada di NTB. “Sasambo ini sudah terkenal sebelumnya, lahir pertama kali di sini. Jargon sasambo ini berasal dari sasak, samawa, dan mbojo yang merupakan etnik grup dari NTB,” ungkapnya.

 

Adapun pemahaman mengenai makna dari nama Sasambo sendiri yakni Sasak yang berarti orang Sasak yang tinggal di Lombok, kemudian Mbojo yang berarti orang yang tinggal di Bima, serta Samawa yang berarti orang yang tinggal Sumbawa. Dengan membawa kearifan lokal NTB, Sasambo dalam perjalanannya berhasil menembus pasar global.

 

Terbukti, salah satu sekolah di Riyadh, Arab Saudi menjadi pelanggan dari batik produk teaching factory yang dihasilkan oleh SMKN 5 Mataram tersebut. Bahkan, Sasambo dijadikan sebagai seragam bagi sekolah di Riyadh yang digunakan setiap hari kamis.

 

Lebih lanjut, kepala SMKN 5 Mataram berencana untuk mengikuti pameran busana yang digelar di Arab Saud guna mengenalkan Sasambo ke pasar global dengan cakupan yang lebih luas lagi. “Kami berencana pameran di Arab Saudi, ini baru rencana mimpi. Saya sudah kontak, di Arab Saudi ada Festival Janantriyah di Riyadh, tetapi karena pandemi maka festival tersebut belum diadakan lagi,” tutur Istiqlal.

 

Menyiasati kendala tersebut, Istiqlal menyampaikan pihaknya akan tetap berupaya mengenalkan Sasambo pada acara internasional. Salah satunya yaitu dengan menjadi narasumber dalam pembuatan batik pada kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah yang ada di Riyadh.

 

Langkah lainnya yang dilakukan ditunjukkan dengan adanya capaian batik Sasambo yang berhasil memasuki pasar global melalui platform digital Amerika. “Seluruh kantor di NTB ini sudah menggunakan batik Sasambo dan kami di platform digital Amerika bekerja sama dengan Apparel sudah masuk batik kami, sasambo batik lumbung dan sebagainya,” pungkasnya. (Diksi/Tan/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.