SMKN 8 Kabupaten Tangerang Juarai Tekiro Mechanic Competition

SMKN 8 Kabupaten Tangerang Juarai Tekiro Mechanic Competition

Tangerang, Ditjen Vokasi -- SMKN 8 Kabupaten Tangerang, Banten, berhasil tampil sebagai juara pada ajang Tekiro Mechanic Competition 2022. Ajang ini sendiri merupakan kompetisi keterampilan otomotif terbesar untuk para siswa-siswi SMK se-Jabotabek.

 

Tekiro Mechanic Competition 2022 merupakan pelaksanaan kompetensi untuk pertama kalinya dan langsung mendapatkan respons positif dari para pelajar. Terbukti, para pendaftar dalam ajang ini mencapai 5.400 siswa. Tim dari SMKN 8 Kabupaten Tangerang tersebut, terdiri atas Surya Chandra, Rahmat Mulyadi, dan Puja Saputra.

 

Pada babak final kompetisi yang bertemakan “Challenge Your Skill" ini peserta harus menjalani serangkaian tes, seperti troubleshooting motor. Para peserta juga harus presentasi terbuka di depan juri yang sudah berkompeten di bidangnya masing-masing. 

 

Untuk kompetensi dalam uji troubleshooting, yang dilakukan adalah analisis masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang motor, dan penanganan masalah pada motor. 

 

Sementara itu, guru pembimbing SMKN 8 Kabupaten Tangerang, Nanang Suryana, mengaku merasa bangga akan prestasi yang diraih oleh para siswanya dalam ajang tersebut. “Saya sangat senang dengan Tekiro mengadakan kompetisi Tekiro Mechanic Competition ini,” katanya. 

 

Tak lupa, Suryana juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada penyelenggara yang telah melaksanakan kompetisi yang sangat bermanfaat bagi para siswa SMK, khususnya di bidang otomotif kendaraan ringan. “Selain dapat mengukur dan menguji kemampuan siswa, juga dapat memotivasi para siswa yang lain untuk dapat mengikuti kompetisi-kompetisi lainnya,” tambahnya. 

 

Nantinya, hadiah perkakas set dari Tekiro ini, lanjut Suryana, bisa menjadi modal bagi para siswa untuk berwirausaha bengkel saat mereka lulus.

 

Sebagai ajang kompetisi, Tekiro Mechanic Competition 2022 menyediakan hadiah total ratusan juta rupiah. Ajang ini juga diikuti lebih dari 100 sekolah, baik sekolah swasta maupun negeri, utamanya untuk Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 

 

Selain uang tunai, sekolah yang meraih juara juga mendapatkan trofi, perkakas Tekiro set, sertifikat, prioritas menjadi karyawan, dan piala bergilir Tekiro Mechanic Competition.

 

Selain SMKN 8 Kabupaten Tangerang, juara lain dalam ajang tersebut adalah SMKN 4 Jakarta yang menjadi juara kedua, dan SMKN 1 Cibinong, Bogor, sebagai juara ketiga. Sementara itu, SMKN 52 Jakarta dan SMK PGRI 20 Jakarta menjadi juara harapan pertama dan kedua. (Diksi/Nan/AP/NA)