Tanamkan Nilai Pancasila, Direktorat SMK Gelar Bimtek P5BK

Jakarta, Ditjen Diksi – Direktorat SMK menyelenggarakan Bimbingan Teknis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (Bimtek P5BK) Tahap I yang dilaksanakan secara daring (7/9). Bimtek P5BK ini diperuntukkan bagi SMK Pusat Keunggulan (PK) dan akan dilaksanakan secara berkala.

Koordinator Bidang Peserta Didik Sutrianto menyampaikan, tujuan Bimtek P5BK, di antaranya agar guru SMK dapat memahami substansi dari dimensi dan sub-elemen profil pelajar pancasila. “Output Bimtek P5BK adalah guru SMK PK dapat memahami tentang substansi dari dimensi dan sub-elemen profil pelajar Pancasila, guru memahami tema-tema proyek profil pelajar Pancasila dan budaya kerja SMK yang memiliki eksploratif, holistik, dan kontesktual,” jelasnya.

Sementara itu Plt. Direktur SMK Wartanto menegaskan, Bimtek P5BK merupakan perwujudan dari generasi penerus bangsa, pelajar Indonesia yang menjadi harapan masa depan Indonesia untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Karenanya, adik-adik (pelajar Indonesia) diminta mewujudkan pelajar Pancasila untuk terus meningkatkan kemampuan kompetensinya agar bisa memiliki kemampuan yang global. Karena, negara kita sudah memasuki kondisi yang bebas masuk Asia (global),” tegasnya.

Wartanto menjelaskan, adapun poin-poin dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagai profil pelajar Pancasila, yaitu (1) Profil pelajar Pancasila jangan lupa iman, (2) Kebhinekaan global yang meliputi kemampuan komunikasi dan interaksi, (3) Gotong-royong, (4) Menumbuhkan kemandirian, serta (5) Kreatif.

Sebagai informasi, Bimtek P5BK akan dilaksanakan secara berkala, yakni tahap I pada 7-11 Sepetember 2021 dan tahap II mulai 21 September 2021. Adapun selama pelaksanaannya, peserta Bimtek akan dibagi ke dalam 10 zoom meeting room yang masing-masing didampingi oleh 3 co-fasilitator, 5 fasilitator nasional, serta 450 peserta dari 9 sekolah. (Diksi/Tan/AP)