‘Upskilling’ dan ‘Reskilling’ Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik

Jakarta, Ditjen Diksi – Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) meresmikan program upskilling dan reskilling secara daring (30/8). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan vokasi di seluruh Indonesia.

Plt. Direktur Mitras DUDI Saryadi menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memperkuat hard skills maupun soft skills dari tenaga pendidik dan kependidikan vokasi guna bisa menerapkan pendidikan berbasis industri di tempatnya mengajar. “Pelatihan tentunya dapat menginternalisasi knowledge, pemagangan tentunya akan memperkuat hard skills dan soft skills, dan Bapak/Ibu bisa merasakan atmosfer bagi dunia usaha dan dunia industri secara langsung,” jelasnya.

Selain itu, program tersebut tentu tak lepas dari peran seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan “link and match” antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri. 

“Kami berharap satuan pendidikan maupun dunia usaha dan dunia industri bisa mendapatkan manfaat, baik dari sisi material maupun nonmaterial. Nonmaterial Bapak/Ibu peserta magang nantinya akan terlibat dalam lini produksi di industri. Bagi industri, bisa membangun reputasi bahwa telah memberikan dukungan terhadap pendidikan vokasi dan berkontribusi dalam pengembangan SDM di Indonesia,” ujar Saryadi.

Adapun mengenai teknis pelaksanaannya, program tersebut akan melibatkan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) untuk menjadi penanggung jawab kegiatan pelatihan yang diberikan kepada tenaga pendidik dan kependidikan. “Kami juga akan melakukan monitoring evaluasi guna mengidentifikasi capaian keberhasilan dari program tersebut, serta melakukan perbaikan terhadap apa yang masih menjadi kekurangan dalam pelaksanaannya,” terang Saryadi. (Diksi/Tan/AP)