Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Wow, Miliarder Ghozali Bakal Bangun Studio Animasi!

20 Januari 2022 09:50:00Kategori : Berita  
Wow, Miliarder Ghozali Bakal Bangun Studio Animasi!
Wow, Miliarder Ghozali Bakal Bangun Studio Animasi!

Jakarta, Ditjen Diksi - Berangkat dari ide gila untuk melahirkan sebuah video animasi berjenis stop-motion, Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang dikenal dengan Ghozali Everyday mengoleksi swafoto dirinya yang kemudian diunggah ke Non-Fungible Token (NFT) sejak tahun 2017. NFT merupakan aset digital yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto.

 

Tak disangka, swafoto Ghozali banyak dibeli yang membuatnya mencapai penghasilan hingga miliaran rupiah. “Awalnya memang mau buat animasi jenis stop-motion. Jadi, ya saya mau lihat perbedaan diri saja setiap harinya sampai ending-nya nanti pakai toga,” ujar Ghozali.

 

Ketertarikannya dengan dunia animasi sudah muncul sejak Ghozali duduk di bangku SMK. Hal itu yang membuat Ghozali akhirnya memutuskan untuk melanjutkan studi diploma IV (D4) atau sarjana terapan program studi animasi di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Selain itu, D4 dipilihnya lantaran proporsi praktik lebih banyak dibanding teori untuk mengasah kompetensinya.

 

Sebagai mahasiswa vokasi, Ghozali juga turut mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) untuk mengasah kompetensinya agar dapat menjadi lulusan yang unggul dan mampu berdaya saing global.  “Kemarin saya ikut program Kampus Merdeka, tepatnya Studi Independen Bersertifikat di AGT. Di sana saya membuat desain animasi untuk game,” terangnya.

 

Ke depan, Ghozali ingin dapat bekerja di sebuah perusahaan animasi agar dapat mengasah kompetensinya, sebelum ia mewujudkan cita-cita untuk mendirikan studio animasi. “Setelah lulus saya mau bekerja dulu di perusahaan animasi supaya bisa belajar lagi sebelum bikin studio animasi. Cit-cita saya memang ingin  membuat studio animasi sendiri,” ungkapnya.

 

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengaku sangat bangga dengan apa yang dilakukan Ghozali. Yakni, mulai dari ide gila dan ketertarikannya di dunia animasi yang membuatnya bercita-cita untuk dapat membuat studio animasi.

 

“Kita doakan semoga Ghozali ke depan bisa terus mengasah kompetensinya dan mendirikan studio animasi sendiri,” kata Wikan.

 

Adapun pencapaian yang telah diraih oleh Ghozali rupanya tidak hanya pendapatan yang mencapai angka miliaran rupiah, akan tetapi juga dengan menjuarai perlombaan membuat logo yang mengantarkannya memperoleh beasiswa unggulan.

 

Dengan pencapaian yang diraih, Ghozali turut berpesan kepada seluruh siswa SMK maupun mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah agar dapat tetap bersemangat untuk melahirkan berbagai karya. “Pelajari apa pun sesuai passion. Jangan sampai menyesal belajar sesuatu yang tidak sesuai dengan passion,” pungkasnya. (Diksi/Tan/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.