Yuk, Intip Kelas Kerja Sama MAJ di Polines!

Yuk, Intip Kelas Kerja Sama MAJ di Polines!

Semarang, Ditjen Vokasi - Kelas kerja sama pada dasarnya merupakan sistem pendidikan kemitraan antara institusi pendidikan dengan industri. Kelas ini sudah cukup lazim di sejumlah perguruan tinggi, misalnya di Politeknik Negeri Semarang (Polines). Salah satu kelas kerja sama yang ada di Polines adalah kelas kerja sama dengan PT Mekar Armada Jaya (MAJ).

 

Dikutip dari website resmi Polines, program kelas kerja antara PT MAJ dengan Polines ini masih tergolong baru, yakni dibuka untuk tahun akademik 2022/2023. Tujuan dari kelas kerja sama ini adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang design and tool making engineering yang dibutuhkan di PT MAJ.

 

Direktur Polines, Prof. Totok Prasetyo, mengatakan bahwa kelas kerja sama PT MAJ tersebut dibuka untuk jenjang D-3 Teknik Mesin (konsentrasi design and tool making engineering). 

 

"Pihak New Armada (PT MAJ, red) membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam hal attitude, keahlian, dan kesehatan,” kata Totok.

 

Menurut Totok, pembukaan kelas kerja sama ini akan menjawab kebutuhan SDM secara umum, khususnya di perusahaan New Armada di masa depan. Kelas kerja sama ini juga akan memberikan banyak manfaat bagi para siswa yang ingin bisa langsung bekerja setelah lulus. Pasalnya, PT MAJ menawarkan sistem rekrutmen langsung bagi para siswa yang memenuhi kualifikasi.

 

Dikenal dengan nama New Armada, PT MAJ sendiri merupakan salah satu perusahaan karoseri terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan ini didukung dengan luas area produksi sekitar 33 hektare serta lebih dari 2.400 orang pegawai atau karyawan. PT MAJ tercatat memproduksi lebih dari 1.000 unit kendaraan setiap bulannya.

 

Nantinya, selama kuliah PT MAJ akan memberikan bantuan uang kuliah tunggal (UKT) dan beasiswa kepada 20 mahasiswa terbaik yang memenuhi kualifikasi. Tidak hanya itu, 20 lulusan terbaik dari program ini juga akan diangkat menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut.

 

Kelas kerja sama PT MAJ ini terbuka untuk para lulusan Teknik Permesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Fabrikasi Logam, Teknik Pengecoran Logam, Teknik Gambar Mesin, dan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif.

 

Sementara itu, penyelenggaraan pendidikan dilakukan di dua tempat, yakni kampus Polines dan di PT Mekar Armada Jaya. Seru, kan? (Diksi/Nan/AP/NA)