Calon Wirausahawan Merapat! Inilah Referensi 5 Jenis Makanan untuk Bisnis Snack Box

Calon Wirausahawan Merapat! Inilah Referensi 5 Jenis Makanan untuk Bisnis Snack Box

Pare-pare, Ditjen Vokasi - Bisnis usaha snack box menjadi jenis usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Bagaimana tidak, seseorang bisa membuat usaha hanya dari rumah tanpa memerlukan toko atau gedung penyewaan. Namun, bisnis ini bukan berarti tidak membutuhkan keahlian dan strategi. 


Melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) yang terselenggara di berbagai lembaga kursus dan pelatihan (LKP) bidang boga, seseorang bisa melatih keterampilan sekaligus mendapatkan modal. Contohnya adalah peserta didik dapat merintis usaha snack box


Muhamad Feri selaku pemimpin LKP Satria, Pare-pare, Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa makanan yang terdapat di snack box menjadi praktik utama peserta PKW. Ia pun menyampaikan ada beberapa referensi makanan untuk bisnis snack box yang bisa dicoba. Berikut adalah penjelasannya.


  1. Aneka Roti

Seseorang yang ingin membuka bisnis snack box harus menguasai baking. Hal ini dikarenakan agar snack box menjadi lebih bervariasi, tidak hanya makanan dengan jenis gorengan saja. Berdasarkan penjelasan Feri, terdapat beberapa jenis roti, yaitu roti manis dan roti asin. Buatlah roti manis yang mencakup roti dengan selai, bolen pisang, ataupun yang lainnya. Sementara itu, aneka roti asin meliputi roti sosis, keju, daging cincang, dan masih banyak lagi.


  1. Lemper

Referensi makanan lainnya untuk snack box yang tak bisa terlewati adalah lemper. Lemper adalah jenis masakan nusantara dengan berbahan ketan dengan isian ayam suir. Makanan ini menjadi makanan favorit yang ada di snack box.


  1. Puding Cup

Variasi lainnya untuk snack box adalah puding cup. Sebagai salah satu jenis dessert, puding dapat menggugah selera. Pada umumnya, terdapat puding coklat atau bisa juga puding buah dengan menambahkan saus selai di atasnya.


  1. Pastel

Tipikal lidah Indonesia tentu tak asing dengan jenis gorengan, salah satunya adalah pastel. Pastel dapat menjadi ide referensi makanan untuk snack box dengan berbagai macam isian. Contohnya adalah pastel isi daging, sayuran, atau bahkan bihun. 


  1. Aneka Bolu

Referensi makanan berikutnya untuk usaha snack box adalah aneka bolu ataupun brownies. Sering ditemukan snack box yang memasukan bolu gulung ataupun brownies. Variasikan bolu gulung ataupun brownies tersebut dengan berbagai rasa, misalnya bolu gulung pandan, keju, ataupun rasa buah-buahan lainnya. 


Itulah 5 ide referensi makanan untuk usaha snack box yang bisa kamu coba. Usaha jenis ini cukup menguntungkan, terlebih bagi kamu yang pernah ikut kursus tata boga. Selamat mencoba, Sobat Vokasi! (Zia/Cecep)