BBPPMPV BOE Tingkatkan Skills Guru SMK

BBPPMPV BOE Tingkatkan Skills Guru SMK

Malang, Ditjen Vokasi - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas guru SMK di bidang teknologi dan otomotif, Balai Besai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang, Jawa Timur, menyelenggarakan kegiatan reskilling dan upskilling guru kejuruan beberapa waktu lalu. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kapasitas dan kualitas serta mengasah kompetensi.

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa guru dari beragam SMK dari berbagai wilayah di Indonesia. Diungkap oleh Luluk, salah satu peserta yang juga merupakan guru dari SMKN 1 Driyorejo, Gresik, pelatihan tersebut membuatnya dapat meluaskan wawasan dalam mengembangkan kompetensi. “Harapannya, dengan mengikuti diklat ini dalam upayanya sebagai pendidik, dapat meng-upgrade ilmu teknologi terbaru, meningkatkan kompetensi, dan dapat mengimbaskan ilmunya kepada peserta didik di SMKN 1 Driyorejo, serta berbagi pada pendidik di jurusan yang sama,” ungkapnya.

 

Luluk menambahkan, pengajar dan pembimbing di BBPPMPV BOE Malang yang mengisi materi merupakan orang yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya sehingga dapat mentransfer ilmu teori maupun praktik kepada peserta pelatihan.

 

Hal itu juga dirasakan oleh Haris Subiyanto, yang merupakan guru pada Jurusan Teknik Pengelasan, SMKN 6 Palu. “Kami dilatih dari nol sampai akhirnya tahap demi tahap terjadi peningkatan skills,” tuturnya.

 

Haris berharap, ke depan BBPPMPV BOE juga dapat memberikan pelatihan bagu guru-guru SMK binaannya yang berada di wilayah Indonesia bagian timur.

 

Pelatihan tersebut tak hanya berhenti pada pemberian materi mengenai pengelasan sebagai bahan evaluasi untuk mengukur capaian keberhasilan. Pasalnya, peserta juga diberikan tugas berupa proyek akhir yang kemudian dipresentasikan oleh masing-masing peserta pada expose di Aula BBPPMPV BOE. (Diksi/Tan/AP/NA)